Rabu, 09 Januari 2013

0 Dampak Radiasi Monitor

Dampak Radiasi Monitor
Monitor komputer menghasilkan beberapa jenis radiasi yang tidak dapat dilihat oleh panca indera manusia. Gelombang-gelombang yang dihasilkan oleh layar monitor diantaranya :
  1. Sinar - X merupakan salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 picometer.
  2. Sinar ultraviolet dan gelombang mikro atau microwave, menyebaban sakit kepala, pening, keletihan, gangguan sistem saraf, sistem reproduksi, dsb.
  3. Radiasi elektromagnetik frekwensi atau yang dikenal juga dengan istilah Very Low Freqwency (VLF) dan Radiasi elektromagnetik frekwensi amat sangat rendah atau yang dikenal sebagai Extremely Low Freqwency (ELF) dihasilkan oleh defleksi horizontal dan sirkuit tegangan tinggi yang terdapat pada monitor


Penggunaan komputer sampai dengan 12 jam sehari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Semakin terang monitor anda, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya.Dampak berikutnya dari radiasi monitor komputer adalah mata yang bergetar dan berkedip, lalu dapat berlanjut memicu rabun jauh atau mata minus, keguguran dan epilepsi. Sementara dampaknya akan dirasakan mulai 15 sampai 20 tahun kemudian.

Gangguan kesehatan yang diakibatkan lainnya antara lain kemampuan membedakan warna berkurang dan katarak. Katarak biasanya disebabkan oleh proses penuaan, namun dalam hal ini penyakit katarak juga bisa diakibatkan oleh radiasi sinar ultraviolet.

Dari beberapa bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh monitor komputer memang memberikan dampak yang tidak menguntungkan, namun begitulah kenyataannya. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama mata. Karena kita akan selalu menggunakan komputer untuk banyak aktivitas, maka kita harus mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahaya radiasi ini.

Berikut tips yang diberikan untuk mengurangi bahaya radiasi :
  1. Gunakan filter layar monitor komputer atau kacamata anti radiasi
  2. Pilih monitor dengan radiasi rendah atau yang memiliki refresh rate lebih besar dari 70 Hertz
  3. Istirahatkan mata sejenak dan segarkan mata dengan cara melihat kehijauan.
  4. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik

0 komentar:

 

SALMAN BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates